Rabu, 23 Oktober 2013

Jangan Asal Pilih Kacamata!


Pastinya, udah banyak yang tau kan kalo benda yang satu ini, sering banget dipake untuk menunjang gaya dandanan supaya makin stylist. Masalahnya, nggak semua orang ngerti model warna apa yang sebenarnya paling cocok dan sesuai sama karakter wajahnya. Kebanyakan dari kita, Cuma ngandelin warna yang lucu atau model yang paling baru, nggak peduli cocok atau nggak.
Sekarang ini, banyak banget variasi frame kacamata. Mulai dari bentuknya, warna frame atau fungsinya. Semuanya, tergantung dari kebutuhan dan kegunaannya buat kita. Sebelum kita memutuskan untuk memakai dan memilih kacamata,  sebaiknya kita kulik dulu beberapa fungsi dari kacamata. Berdasarkan fungsinya, kacamata dibagi atas 4 jenis, yaitu :

1.      Kacamata baca
Kacamata ini dipakai untuk orang yang mengalam penurunan fungsi pengelihatannya. Ada kacamata minus, silinder dan plus. Kacamata jenis ini membantu kita memperjelas pengelihatan dan mencegah kerusakan pada mata semakin parah.

2.      Kacamata pelindung
Kacamata jenis ini fungsinya untuk melindungi mata dari ganguan atau polusi dan hal lain deh. Misalnya kacamata hitam, dipake buat ngelindungin mata dari sinar matahari dan debu supaya mata nggak iritasi. Atau kacamata berfilter UV, untuk mencegah paparan negatif dari sinar UV yang biasanya kita temuin di komputer atau sinar matahari siang.

3.      Kacamata gaya
Dari namanya aja udah jelas ya... ini kacamata cuman buat gaya-gayaan atau fashion aja. Yang suka riasin dirinya pake kacamata. Bahkan kalo nggak pake kacamata, serasa bukan dia gitu ya. Waduh.

4.      Kacamata 3 dimensi
Kacamata jenis ini khusus dipake buat nonton film-film berjenis 3 dimensi yang gambarnya lebih real itu. soalnya kalo nggak pake kacamata 3D waktu nonton film 3D, gambar dan tulisan di proyektor bakal keliatan nggak jelas (pernah sih. hihi). Kebanyakan, bahannya nggak terbuat dari kaca, tapi dari plastik khusus 3D.

(lebih) teliti sebelum membeli

Setelah tahu fungsi-fungsi dari berbagai jenis kacamata, sekarang saatnya berburu kacamata sesuai kebutuhan. Jangan asala keren modelnya aja, ada beberapa hal yang mesti dipahamin sebelum hunting kacamata yang kamu banget! Cekidot...

1.      Sesuai dengan Kebutuhan
Sebaiknya kalo milih kacamata, yang sesuai dengan kebutuhan kamu dulu. Kalo kamu termasuk yang fungsi pengelihatannya menurun, pastinya kamu harus pake kacamata baca yang ngebantu pengelihatan kamu. Kebanyakan kacamata minus ya. Sebelumnya, cek dulu ke dokter mata kalo pengelihatan rada-rada kabur atau aneh.
Sedangkan buat fungsi lain, misalnya buat ngelindungin mata dari sinar UV atau buat yang suka lama-lama di depan PC, bisa tuh pake kacamata anti radiasi komputer.

2.      Sesuai dengan bentuk wajah
ü  Untuk bentuk wajah oval, semua frame kacamata cocok deh buat situ.
ü  Buat yang wajahnya bulat, sebaiknya jangan pilih frame kacamata yang bulat, soalnya bakal mempertegas bentuk wajah kamu yang bulat. Sebaiknya pilih yang elips.
ü  Buat yang wajahnya agak persegi, cocoknya make frame bentuk oval. Hal ini untuk menyamarkan bentuk keras dan kaku pada rahang. Hindari frame bentuk kotak karena justru menambah kesan kaku di wajah kamu.

3.      Sesuai dengan Warna Kulit
ü  Buat yang kulitnya putih nih, udah deh.. semuanya cocok buat elu! Embat ajee. Hehee
ü  Yang kulitnya coklat atau sawo matang, bisa deh pilih frame warna abu-abu, hitam metalik dan hijau tua.
ü  Kuning langsat kulitmu, frame kacamata yang cocok yaitu ijo, kuning ato coklat.
ü  Terakhir, yang kulitnya hitam dan eksotis, pilihlah warna frame abu-abu, coklat metalik atau warna  perak metalik.

4.      Sesuai dengan Postur Tubuh
Percaya nggak percaya nih, postur tubuh juga dijadiin patokan buat milih kacamata. Pssssssstt
ü  Buat yang tinggi, besar dan tegap, cocoknya pake frame yang kokoh dan agak tebal
ü  Nah buat yang tinggi, kurus dan kecil sebaiknya pilih frame yang lentur dan ringan.

5.      Sesuai Tren
Jangan lupa buat yang fashionable banget nih, yang nggak mau ninggalin kacamatanya buat gaya, update terus tuh kacamata apa yang lagi hitz sekarang.

6.      Nyaman
Pastinya kacamata yang dipake mah harus nyaman dipake. Jangan sampe gara-gara pengen gaya, kenyamanan kita adi terganggu. Indikasinya itu biasanya gerah di sekitar mata atau suka pusing kalo pake kacamata. Makanya, pilih yang nyaman dipake.

7.      Kuat
Secara, kita nggak mungkin juga nyisihin budget tiap bulan buat beli kacamata baru karena yang kemaren-kemaren udah ji’un cos nggak kuat kan...
Nih panduan buat milih kacamata yang kuat :
ü  Buat yang pengen kacamata yang ringan dan nggak gampang pecah, pilh aja lensa kacamata yang berbahan plastik.
ü  Buat yang minus matanya nggak terlalu parah, kamu bisa memilih lensa berbahan dasar kaca. Keuntungan dari lensa kaca adalah lebih jernih dan nggak gampang tergores.

Udah itu aja sih. Jangan salah pilih kacamata yaa. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar